Berita BMPKMB

Pemekaran Minbar Dipacu

Harian Manado Post – Monday, 09 November 2009 14:42

BMPKMB Resmi Terbentuk

TOMBARIRI—  Keinginan warga di tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Pineleng, Tombulu dan Tombariri untuk membentuk Kabupaten Minahasa Barat terus dipacu. Dibentuknya Badan Musyawarah Pembentukan Kabupaten Minahasa Barat (BMPKMB) jadi bukti keseriusan sejumlah elemen di tiga kecamatan tersebut.

BMPKMB sendiri terbentuk saat anggota DPRD dari Dapil I, tokoh agama, tokoh adat-budaya, tokoh generasi muda, aktivis wanita dan para Hukum Tua serta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di tiga kecamatan mengadakan pertemuan di New Mokupa Resort, beberapa waktu yang lalu.

Dalam pertemuan itu dibentuk tim formatur BMPKMB yang diketuai W. Donald R. Pokatong, sementara N. Raymond Frans dipercayakan sebagai Sekretaris. Tim formatur ini nantinya membentuk kelengkapan dan struktur  organisasi, program dasar dan program umum.

“Dengan adanya kelengkapan struktur organisasi, program dasar dan umum, diharapkan penyaluran aspirasi masyarakat soal pemekaran Minahasa Barat bisa langsung ditanggapi BMPKMB,” ujar Pokatong.

Sementara menurut pemrakarsa Minbar Johanes Posumah, dengan segala potensi yang ada di Pineleng, Tombulu dan Tombariri, Minbar memang sudah layak direalisasikan. “Potensi ini sulit dikelola maksimal jika masih bergabung dengan Minahasa,” tandas dewan penasehat BMPKMB.  (ylo/lee).

——————————————————————

Gelar rapat perdana

2012, BMPKMB Target
Kabupaten Minahasa Barat Terbentuk

Mokupa, KOMENTAR
Panitia pembentukan Kabupaten Minahasa Barat, Sabtu (07/11), melakukan pertemuan per-dana di Mokupa Resort Minahasa. Pertemuan yang dipimpin Dr Donal Pokatong bersama tim lainnya berhasil menancapkan target tahun 2012 Kabupaten Minahasa Barat segera terbentuk.

Pertemuan yang dihadiri tokoh adat dan budaya, generasi muda, aktivis wanita, serta para hukum tua dan ketua-ketua Badan Per-musyawaratan Desa (BPD) di Ka-bupaten Minahasa bagian Barat, seperti Kecamatan Tombariri, Pineleng, dan Tombulu ini, juga sepakat akan mulai bekerja semaksimal mungkin di bulan November 2009 agar target yang ditentukan dapat terealisasi.

Seperti diketahui, sejak tahun 2004 lalu telah diwacanakan Pembentukan Kabupaten Minahasa Barat oleh beberapa orang tokoh masyarakat dari tiga kecamatan, kemudian mendirikan suatu lembaga yang diberi nama Paheluman Ne’ Tombulu, artinya Kawasan Tiga Kecamatan (Tombariri, Pineleng, dan Tombulu). Selanjutnya pada tahun 2007 mereka menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat di tiga kecamatan tersebut.

Kemudian pada tahun 2008, dibentuklah Tim 9 yang bertugas untuk menetapkan Panitia Pembentukan Kabupaten Minahasa Barat. Namun panitia yang telah ditetapkan itu dinilai belum re-presentatif dan kurang kuat legitimasinya serta tidak leluasa baik secara politis dan teknis dalam melakukan kegiatan dan aktivitasnya dalam memperjuangan Pembentukan Kabupaten Minahasa Barat.(wel).

Oleh. : N. Raymond Frans,-

Explore posts in the same categories: Daerah, Kemasyarakatan, Nasional, Pembangunan, Pemerintahan

Tag: , , , , , , , , ,

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: