YouTube Peduli Tuna Rungu (Bisu Tuli)

https://i0.wp.com/www.techshout.com/images/google-earth-youtube.jpgPara penyandang cacat Tuna Rungu (Bisu Tuli) sekarang sudah bisa menikmati video lewat layanan internet.

YouTube telah memeperkenalkan fitur baru yang menampilkan teks semua percakapan yang ada dalam video-video secara otomatis. Salah satu manfaat fitur ini untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung yang tuna rungu (bisu tuli) agar dapat menikmati video secara utuh.

Penerjemahan ke teks dilakukan dengan teknologi pengenal suara yang kini telah dipakai di layanan manajemen Google Voice. Dalam pengumumannya Kamis (19/11) kemarin, Google menyatakan fitur tersebut akan mulai diterapkan minggu ini.

Namun, untuk sementara baru akan dilakukan pada video-video dari beberapa kanal mitra saja seperti dari PBS, National Geographic, dan sejumlah universitas ternama. Google menjanjikan penerjemah suara ke teks itu akan diterapkan di seluruh video seiring penyempurnaan teknologi pengenal suara yang dikembangkannya.

Ratusan ribu video yang muncul di YouTube saat ini sebenarnya sudah dilengkapi teks melalui layanan yang disediakan. Namun, untuk memanfaatkannya harus dilakukan secara manual oleh pengguna dan ditambahkan sendiri ke badan video. Dengan banyaknya video yang masuk, saat ini rata-rata 20 jam video setiap menit, kebanyakan video yang tampil di YouTube tak dilengkapi teks.

Meski demikian, Google telah memperbarui fitur penerjemah manual yang ada sekarang dengan menu auto timing. Pengguna tinggal membuat sebuah file teks berisi teks semua percakapan dalam video dan mesin penerjemah suara akan mencocokkannya untuk ditampilkan. Langkah tersebut diharapkan dapat mendongkrak jumlah video yang dilengkapi teks.

Dengan demikian, maka para penyandang cacat tuna rungu (Bisu Tuli) akan lebih mudah menikmati video lewat layanan internet. Selamat,-

(Sumber : Kompas.com)

Explore posts in the same categories: Serba-Serbi

Tag: , , , , , , ,

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

One Comment pada “YouTube Peduli Tuna Rungu (Bisu Tuli)”

  1. the riza de kasela Says:

    Google memang rajanya inovasi
    ______________________________________________
    Tidak menolak kunjungan Anda ke blog saia yang lain di http://rizaherbal.wordpress.com/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: